Resep Cara Membuat Siomay Paling Enak Dan Lezat

Resep Cara Membuat Siomay Paling Enak Dan Lezat
Resep Cara Membuat Siomay Paling Enak Dan Lezat - Siomay merupakan jajanan masyarakat yang sering kita jumpai , baik di pinggir-pinggir jalan kota. Untuk membuat Siomay memang terkadang terdengar mudah , namun untuk membuat siomay dengan cita rasa yang enak pastinya butuh cara dan resep khusus. Siomay sendiri yang paling terkenal adalah siomay bandung , nah kli ini IdResep akan membagikan resep special dalam membuat siomay yang rasanya enak dan melebihi siomay-siomay yang pernah Kalian beli.


Bahan Membuat Siomay :
200 gr udang
4 bh tahu putih, potong 4 bagian dan buang bagian tengahnya
4 btr telur rebus, kupas dan belah dua
4 bh kentang kukus ukuran kecil, belah jadi 2
4 btr telur , kocok lepas.
200 gr daging ayam
250 gr daging ikan tenggiri yang sudah di haluskan
250 gr tepung kanji
20 lembar kulit pangsit yang sudah siap pakai
2 1/2 buah pare


Bahan Bumbu Membuat Siomay :
1 1/2 sendok teh garam
1 1/2 sendok teh merica
1 1/2 sendok teh gula
6 1/2 siung bawang putih, yang sudah di haluskan
5 btr bawang merah, yang sudah di haluskan
2 1/2 sendok makan kecap ikan


Bahan Sambal Kacang :
550 gr kacang tanah goreng
1 1/2 sendok makan gula pasir
1 1/2 sendok makan garam
1 1/2 sendok makan kecap manis
13 bh cabai merah besar, potonglah menjadi 3 bagian
11 bh bawang merah, potonglah menjadi 2 bagian
6  siung bawang putih, potonglah menjadi 2 bagian
400 ml air
2000 ml air


Bahan Tambahan :
2 1/2 buah jeruk limo, potonglah menjadi 2 bagian
Kecap manis secukupnya
Saus Sambal secukupnya


Cara Membuat Siomay Enak :

1. Langkah pertama membuat adonan terlebih dahulu ,siapkan sebuah wadah kemudian masukan bahn-bahanya yaitu cincangan udang, cincangan ikan tenggiri yang sudah di cincang dan cincangan ayam, setelah itu  masukan telur, garam, kecap ikan, gula pasir ,  bawang putih, bawang merah, serta tambahkan merica bubuk. Aduk-aduk sampai rata.

2. Setelah langkah pertama diaduk rata tambahkan ( masukkan ) setengah bagian tepung kanji , aduklah sampai adonan kalis.

3. Setelah rata baru masukan setegah atau sisa tepung tadi ke dalam adonan , aduk-aduk sampai merata. lalu sisihkan terlebih dahulu

4. Langkah berikutnya membungkus adonan dengan kulit pangsit caranya , ambil satu lembar kulit pangsit, bulatkan tangan kemudian letakkan kulit pangsit di atasnya.

5. Setelah itu masukan ( berilah ) satu sendok makan adonan ke dalam pangsit  , tekan bagian pinggiran sampai padat , lalu tutup bagian atasnya. Setelah itu tekan lagi bagian atas pangsitnya dengan sendok , lalu sisihkan terlebih dahulu.

6. Memberi adonan tahu , caranya cukup ambil tahu yang sudah dilubangi bagian tengahnya, lalu berilah satu sendok teh adonan isi pada bagian tengah tahunya. Setelah itu tekan-tekan sampai padat dan sisihkan terlebih dahulu.

7. Memberi adonan pare , dengan cara ambil pare, kemudian berilah satu sendok makan adonan pada bagian tengah parenya, setelah itu tekan-tekan sampai padat , lalu sisihkan.

8. Mengukus bahan-bahan yang disisihkan tadi dengan cara didihkan terlebih dahulu air dalam panci kukusannya , jika sudah mendidih baru tatalah siomay-siomay tadi ( bahan yang sudah disisihkan ) seperti siomaynya , tahu , pare telur dan kentang ke dalam panci kukusan , lalu tutup pancinya dan diamkan selama 45 menit.

8. Membuat bumbu halus, caranya cukup mudah yaitu siapkan blender, kemudian masukkanlah kacang tanah yang sudah digoreng, bawang putih , bawang merah, cabai merahnya, air, garam, gula pasir dan kecap. Haluskan dengan blender sampai halus dan sisihkan terlebih dahulu.

9. Memasak bumbu kacang caranaya , siapkan wajan, kemudian masukkanlah bumbu kacang lalu beri dan tuang air, aduk-aduk sampai larut. Setelah itu nyalakan api dan tunggu sampai bumbu kacang setengah menyusut ( jangan lupa sambil di aduk agar tidak hangus / gosong ). Masak kembali dengan api sedang sampai mengental serta berminyak , setelah itu matikan api dan sisihkan bumbunya.

10. Siapkan piring saji lalu sajikan semua bahan dan bumbunya dengan cara potong-potonglah semua bahan yang tadi disisihkan , lalu berilah bumbu kacang , kecap , sambal dan sedikit jeruk limo , tambahkan saus sambal sesuai selera di tengahnya.

11 Siomay dengan resep special ini dapat Kalian sajikan selagi hangat agar khas dan cita rasanya tetap terjaga.


Demikianlah Resep Cara Membuat Siomay Paling Enak Dan Lezat selamat mencoba iya , Anda juga dapat mencoba resep enak dan mudah lainnya :
- Resep Cara Membuat Sate Padang Mudah Dan Enak
- Resep Cara Membuat Martabak Manis Cokelat Keju Paling Enak
- Resep Cara Membuat Pisang Goreng Cokelat Enak Dan Mudah



Tags :
Resep Masakan Terbaru, Updated at: 8/15/2013 11:00:00 AM
Posted by : yuliana dewi
Resep Cara Membuat Siomay Paling Enak Dan Lezat
4.5/ 5
Oleh